Ibu Yulina, Panggilan Hati Nurani, 18 Tahun Mengabdi Jadi Ketua RT

Categories: Berita,Uncategorized


Yulina Rita, asli Palembang. Dan, sudah 18 tahun menjabat sebagai Ketua RT 04 RW 03, Kelurahan Cikawao, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.


Bu Yulina, terpaksa mengajukan haknya untuk mundur sebagai Ketua RT. “Jabatan Ketua RT itu tiga tahun. Tapi, setiap pemilihan, warga selalu menghindari dan meminta saya tetap menjabat sebagai Ketua RT,” katanya sambil tertawa, saat berbincang dengan Ir Deny Zaelani, kemarin petang.

Kepada Kang Deny, Bu Yulina yang ramah banyak bercerita. Intinya, menjadi Ketua RT adalah panggilan hati nurani. “Ya, saya terpaksa mendesak mundur, karena sudah terlalu lama menjadi Ketua RT,” katanya.

Tentu, ada alasan lain yang lebih penting. Bahwa, mengabdi kepada masyarakat tidak harus melalui jabatan. Bagi Bu Yulina, Cikawao sudah menjadi darah dagingnya, tanah pengabdiannya.

“Mengenal, berkomunikasi dan bisa bahu-membahu dengan Bu Yulina adalah sebuah kehormatan. Beliau pejuang yang bekerja tanpa pamrih,” kata Kang Deny.

Sore itu, banyak hal diperbincangkan. Terutama yang paking konkret dan mendesak: membantu warga yang kesulitan.

“Masih ada warga yang belum bisa menikmati pelayanan kesehatan atau pendidikan secara maksimal,” kata Bu Yulina.

Itulah yang menjadi prioritas. “Persoalan yang peling penting adalah mengkomunikasikan persoalan warga secara cepat dan tepat. Sehingga, setiap persoalan segera bisa diatasi,” katanya.

Tentu, ini adalah masalah prioritas kebijakan. “Mendengar dan menyerap langsung masukan para tokoh warga, menjadi sangat penting bagi saya. Ini memantapkan niat saya untuk bisa maju dalam Pilwalkot Bandung. Banyak hal yang harus diperjuangkan oleh pemimpin rakyat,” kata Ir Deny Zaelani.

Bersama Bu Yulina pula, Kang Deny bersilaturahmi dengan warga yang sedang mengalami kesulitan. “Cita-cita saya maju dalam Pilwakot Bandung, adalah memperjuangkan warga. Mendengar dengan hati nurani. Karena, masih ada persoalan-persoalan mendesak warga yang belum terselesaikan,” tegas Kang Deny sambil memberikan bantuan langsung pada warga yang membutuhkan.(pg)

Leave a Reply